KERUSAKAN TRANSMISI MANUAL
Transmisi memiliki banyak fungsi, salah satu fungsinya sebagai penghubung dan pemutus putaran mesin menuju roda. Mengatur laju kendaraan misalnya, membuat power besar saat menanjak dan sebagainya. sedikit info tentang apa saja kerusakan pada transmisi dan bagaimana cara menanganinya.
pertama kita harus mengenal bagian-bagian transmisi. agar lebih mudah dipahami. Simak penjelasannya.
1. Pedal kopling
Komponen penunjang dalam sistem kerjanya, yaitu sebagai penghubung dan pemutus putaran mesin dan juga ketika akan memasukan perseneling gear R, 1,2,3,4 dan 5. kerusakan yang sering terjadi di pedal kopling adalah pegas tuas patah dan baud pengikat pedal lepas. kerusakan ini membuat pedal kopling tidak kembali di posisi semula dan berdampak perseneling tidak bisa masuk.
2. Master atas
Tidak semua mobil memiliki Komponen ini, karna untuk mobil keluaran lama masih memakai tali untuk sistem kerjanya. Untuk jenis tali sendiri kerusakan yang sering terjadi yaitu putus dan dudukan pengikat rusak yang membuat transmisi tidak berfungsi padahal pedal sudah di injak. Dan untuk master atas sendiri bekerja dengan cairan minyak yang memudahkan pengguna agar lebih ringan saat menginjaknya. Kerusakan yang sering terjadi di master atas yaitu cairan minyak kotor, pegas patah(jebol), seal bocor, ulir pengikat dipedal kopling lepas/aus. Anda bisa membongkarnya untuk diperbaiki atau diganti.
3. Master bawah
Telah disebutkan diatas, untuk mobil produk lama tidak menggunakan master, hanya ada tuas saja atau kebanyakan orang menyebutnya garpu kopling. kerusakan di garpu biasanya pada derat yang sudah aus dan dudukan garpu pecah. Untuk master bawah kerusakan nya mirip seperti master atas. mungkin yang paling sering adalah seal master bocor. sehingga gejala-gejala perseneling susah masuk sering terjadi.
4. Plat kopling/kampas kopling
Ganti lah sesuai waktunya, komponen ini paling jarang mengalami kerusakan. kalo masalah kenapah mobil saya sering ganti plat kopling? mudah saja, kemungkinan barang yang Anda pasang bukan asli bawaan pabrik, bisa juga karna si pengemudi tidak hafal benar memakai kendaraannya. oya satu lagi, mekanik tidak akan pernah menganjurkan jika pergantian plat kopling setengah-setengah. karna akan menimbulkan masalah lebih cepat dari waktu standarnya.
5. Transmisi
Bagian terpenting agar tenaga dapat disalurkan ke roda. kerusakan Trasmisi bisa dibilang wajar jika kendaraan sudah memiliki umur. pergantian speart part pun sudah tradisi. entah itu sincronmesnya, seal trasmisi atau gear transmisi. Untuk perawatan transmisi, janganlah terlalu malu untuk mengganti oli transmisi secara berkala sesuai waktunya. entah mobil baru atau lama, karna pemakaian kendaraan untuk jangka panjang.
Nah.... sepertinya pembahasan di atas sudah Saya cukupkan disini. Mungkin ada yang kurang dalam pembahasan harap di maklumin. Agar Saya lebih bersemangat dalam artikel otomotif. boleh bertanya atau Saya yang meminta bantuan dari para suhu mekanik diluar sanah. Terimakasih dan sukses selalu.
No comments:
Post a Comment