5/09/2017

SISTEM REM TROMOL

REM TROMOL

     Tidak pernah ada sebuah kendaraan tanpa menggunakan Sistem rem, baik mobil kecil ataupun mobil besar. Sistem rem sangat berguna dalam pengoprasian kendaraan agar lebih nyaman saat digunakan. Coba bayangankan saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, saat menurun atau di kemacetan. Kita akan butuh rem dalam situasi seperti ini, membantu pengendara menstabilkan laju jalannya. Seiring berkembangnya zaman juga sistem rem pun banyak perubahan, bukan pada penambahan fungsi saja yang berubah tapi secara mekanisme dari bentuk sampai cara kerjanya berubah.

Untuk Jenis-jenis rem terbagi menjadi 3, yaitu:
1. Rem Tromol
2. Rem Cakram
3. Rem mesin/engine break

Mengenal sistem rem pada masing-masing jenisnya, sedikit penjelasan mungkin akan sedikit menambah wawasan Kita. Dan sekilas perhatikan kontruksi sistem rem pada mobil kecil.

Kontruksi sistem rem

Keterangan Gambar
  • 1-7                : Selang Pipa
  • 8                   : Brake pipa
  • 9 &10           : Selang karet
  • 11                 : Seal
  • 12                 : Baud caliper
  • 13                 : Plate pengunci
  • 14                 : Katup pipa
  • 15                 : Baud pengikat
  • 16-19           : Cleman
  • 20 & 21        : Baud

Mengenal Komponen-komponen di kontruksi rem tromol


  • 1 & 2         : Plat tromol
  • 3 & 4         : Baud pengikat
  • 5                : Sepatu rem/ kampas
  • 6                : Per
  • 7                : Pin pengunci
  • 8                : Per pengunci
  • 9                : per
  • 10 & 11     : Wheel cilinder
  • 12              : Karet piston seal
  • 13              : per piston
  • 14              : nepel/bledder
  • 15              : karet
  • 16              : Lever
  • 17              : clip pengunci
  • 18 & 19     : Tuas rem tangan
  • 20 &21      : per rod
  • 22 & 23     : Lever parking
  • 24              : Pin
  • 25              : Mur
  • 26              : Retainer
  • 27              : penyetel
  • 28              : mur
  • 29              : Ring per


Rem Tromol
     Tiap jenis rem mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, entah rem cakram atau rem tromol. Yang mencolok di perbedaan rem ialah penempatan rem itu sendiri. Tapi perlu di ingat bahwa pemakain rem jenis tromol atau cakram tergantung kendaraannya. 


Baca juga : 
Boster rem


Penjelasan
  • Pedal rem Komponen untuk mengoprasikan sistem rem, cukup menginjaknya dengan berurutan dari pelan sampai kuat. 
  • Pegas pedal Komponen yang berfungsi sebagai pembalik pedal Rem agar tidak selalu tertekan.
  • Pin pedal Pengunci sekaligus dudukan pedal rem.
  • Master rem berfungsi menyalurkan cairan minyak dari penampungan sampai ke wheel agar kampas rem dapat menekan tromol, kerusakan yang sering terjadi pun beruba kebocoran seal.
  • Penampung minya/ tank reservoir gantilah jika sudah kotor, Anda bisa cek fisiknya. Akan membuat rusak master jika minyak sudah kotor/encer.
  • Selang pipa penyalur/jalur minyak rem, pembongkaran yang baik akan jauh dari kerusakan.
  • Wheel cylinder pendorong kampas Rem, kerusakan yang sering adalah kebocoran seal, ganti baru 1 set ori. Untuk keselamatan.
  • Kampas rem menahan tromol dari putaran, jika merasa pedal ngocok, Anda bisa cek kampas. Anda bisa menyetel/ganti, jangan biarkan kampas rem yang habis merusak tromol.
  • Pegas rem untuk mengembalikan posisi kampas diposisi semula.
  • Pengunci kampas rem agar kampas tidak lepas dari plat/ dududknan.
  • Plat kampas dudukan dimna kampas bisa bekerja
  • Tromol besi bulat melingkar yang akan bergesekan dengan kampas. Ganti kampas yang sudah tipis agar tromol selalu dalam ke adaan normal.

Sekarang Saya cukupkan sampai sini, untuk cakram dan break amgine dalam pengerjaan. semoga dasar pada sistem rem dapat membantu menyelesaiakan masalah kendaraan Anda. Jika ada permasalahan lain tentang kendaraan yang bermasalah. Saya siap membantu (hanya chat). Jangan lupa subcribe dan isi komentar Anda. Terimakasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment