BOSTER REM
Bagaimana sistem boster bekerja!
Penggunaan boster sangat penting untuk mekanisme rem, berterimakasihlah sekarang ini teknologi semakin maju. Serba mudah untuk melakukan kerjanya. Boster sendiri berfungsi meringankan beban pedal rem ketika diinjak, hasil yang dihasilkanpun semakin lebih baik ketimbang tidak menggunakan boster.
Bagaimana cara kerja dari boster! Dan apa saja yang harus kita tahu dari boster ini. Sedikit penjelasan diatas akan kita uraikan lagi. Terlebih dahulu perhatikan gambar boster beserta bagian-bagiannya.
Nama komponen
- Cylinder assy yang Kita sering sebut sebagai master rem atas. Seperti pos Saya yang sebelumnya, fungsi dari master rem ialah menyalurkan tenaga menuju wheel silinder sehingga sepatu/kampas rem mengenai tromol, yang dengan menggunakan minyak rem sebagai medianya. Kerusakan yang terjadi biasanya di seal master, kerusakan master sering kali karna minyak rem yang kotor. Jadi periksalah kondisi minyam rem.
- Piston master rem sebagai bagian dari master rem yang bekerja menghisap minyak rem dari penampung minyak dan meneruskannya ke wheel silinder, bagian piston terdiri dari karet/seal, per dan ring sebagai penguncinya.
- Union Untuk menampung minyak rem di master rem
- Clamp sebagai pengikat union
- Nut/Baud pengikat master ke boster
- Boster untuk mempermudah penggunaan rem, kerusakan yang terjadi ialah sobeknya seal yang membuat pengereman keras ketika di injak.
- Pin sebagai pengikat dan pergerakan pedal rem menekan pushrod boster.
- Spii untuk pengunci pin
- Nut/Baud sebagai pengikat boster ke body mobil.
Kerja Boster Rem
- Ketika kendaraan dalam keadaan mati, ruang di boster masih ada udara, yang terjadi di pedal rem keras ketika di injak.
- Saat kendaraan mulai dihidupkan, terjadi pemvakuman dalam ruang boster. Yaitu ruang dalam boster yang terisi udara akan di hisap selang fakum atau (alternator di mobil diesel) melalui lubang pada boster. Lihat gambar.
- Penggunaan rem pun sudah bisa bekerja dengan baik tanpa harus menginjak pedal keras-keras.
Lalu kerusakan dan bagaimana perbaikannya!
- Pedal rem keras
Memastikan boster dalam keadaan baik yaitu hidupkan kendaraan dan lepas selang udara yang menuju boster. Pastikan selang vakum menyedot, gunakan ibu jari untuk meriksanya.
- Pedal rem sedikit keras
Pastikan selang vakum menyedot dengan baik/ cek kebocoran selang vakum, Anda juga bisa cek kebocoran vakum. Hidupkan mesin, injak pedal rem dan amati suara diboster. Jika ada suara berdesis saat akan di injak/saat di injak kemungkinan seal rusak, (seal master yang terhubung ke boster)
- Untuk pedal rem (Pedal rem dalam/ ngocok)
Lalukan penyetelan rem tromol sebagai langka awal.
- Setelah itu buang angin rem.
Saya cukupkan penjelasan tentang boster, jika ada yang kurang atau masalah bisa ditanyakan saja. Jangan lupa subcribe agar saya lebih semangat membuat artikel lainnya.
Terimakasih atas kunjungannya dan sukses selalu.
No comments:
Post a Comment