6/04/2017

MENGENAL SISTEM PENDINGIN MOBIL

SISTEM PENDINGIN

     Pernahkah Anda melihat kendaraan bermesin yang tidak menggunakan sistem pendingin! Jawabannya Tidak, karna semua mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar menimbulkan panas. Coba jika suatu mesin melakukan kerjanya berjam-jam tanpa henti, bukankah panas yang dihasilkan akan semakin tinggi juga! baik itu pada mesin diesel atau mesin bensin, lalu apa itu sistem pendingin, dan apa manfaatnya? Sebelum membahas lebih dalam pada sistem pendinginan, ada baiknya Kita mengenal jenisnya.

Jenis-jenis sistem pendingin
  • Sistem pendingin Udara
  • Sistem pendingin fluida/air
Sistem pendingin udara (motor/kompresi kecil)
    Baca disini
Sistem pendingin Air (mobil/kompresi besar)

     Penggunaan sistem ini memerlukan air sebagai perantara pendinginnya, tapi meskipun begitu peran udara lebih mendominasi di pendinginan air. Sistem pendingin air mempunyai kelebihan jauh dari pendingin udara, dari pengontrol panas/temperatur mesin, membuat bahan bakar irit, performa mesin dalam kondisi stabil, dan banyak jika kita mencari kelebihannya. Dan untuk kekuranganya sendiri, bagian sistem ini memiliki ruang tersendiri yang memakan tempat karna memiliki part pendukung lainnya, perawatanpun harus dilakukan, dan jika terjadi kerusakan pada sensor bisa berdampak over houl. Karna ada beberapa part dalam sistem kerjanya, sekarang Kita Kupas bagian-bagian pendukung lainnya, mengenal lebih dekat agar pengetahuan tentang kerusakan-kerusakan sistem pendingin air lebih dimengerti.
  1. Radiator
  2.        Peran Radiator sebagai tempat dimana air didinginkan, pastikan selalu terisi penuh sebelum menghidupkan mesin. bagian lainnya seperti selang karet, selang pipa, penampung cadangan (tank reservoir), tutup Radiator, baud plastik (baud kupu-kupu), Cover (pelindung dan pemfokus kipas). Sebaiknya lakukan perawatan khusus seperti penggantian air radiator secara berkala, agar tidak terjadi karat atau kotoran kerak pada mesin gunakanlan air colant, karna  pendinginanpun akan lebih optimal, periksa bagian part lainnya.

  3. Water pump
  4.       Yaitu mensirkulasikan air dari mesin ke radiator dan mengembalikan kembali kemesin secara berulang-ulang ketika kendaraan hidup. tempatnya sendiri di bagian mesin dan selalu berputar ketika mesin dihidupkan, bagian lainnya seperti fanbelt yang menggerakkan water pump, Sistem pendingin yang tidak menggunakan electrical, fanbelt juga berperan untuk menggerakan kipas .
    Kerusakan yang biasanya terjadi seperti bocornya seal pada water pump, tampak terlihat air menetes dari celah waterpump. sesegerahlah menggantinya dengan part baru demi terjaganya kondisi mesin. penyebab temperatur mobil naik salah satunya bisa dari water pump, water pump yang kehilangan gigi/kipasnya mengakibatkan proses pemindahan air menjadi lambat dikarenakan tekanan berkurang.  
    Kipas radiator manual
    Penggunaan kipas radiator manual hanya membutuhkan fanbelt untuk penggeraknya, sederhana tanpa menggunakan kelistrikan membuat pendinginan air diradiator lebih efektif karna tidak membutuhkan suit pengontrol. Part ini terhubung langsung dengan waterpump, kontruksi yang sederhana ini menjadi kelebihan tersendiri dalam perawatannya.

  5. Exstrafan
  6.     Sebenernya sama halnya kipas radiator manual, hanya disini menggunakan sistem kelistrikan, yang mana bagian ini menyangkut tentang sensor, temperatur, penggunaan AC dan menggunakan relay serta sikering sebagai pengamannya.
    Pengecekan awal di Exstrafan dengan melihat putarannya, jika pada temperatur diatas 2 setrip atau lebih harus dipastikan exstrafan berputar. Dengarkan juga suaranya, ada kebisingan atau tidak. karna bunyi bising pada exstrafan bisa membuat kerusakan bertambah. Anda bisa mengeceknya lebih lanjut atau lakukan penggantian pada part yang rusak.

  7. Termostats
  8.       Bagian sensor yang bekerja secara otomatis yang terletak di dalam aliran air, ketika temperatur air naik menghasilkan tekanan yang mengakibatkan termostat membuka. Tekanan air dalam mesin karna Suhu mesin bertambah dan dibantunya juga waterpump sehinga air dalam mesin berusaha menuju radiator melewati termostat.
    Kerusakan termostat bisa membuat peningkatan suhu mesin lebih cepat, maka pastikan termostat dalam keadaan baik untuk mencegah over houl. penangan pada kerusakan termostat bisa dilakukan pembongkaran dan tanpa penggunaan termostat untuk memastikan baik tidaknya termostat.

  9. Suit Temperatur
  10.          Bagian penunjang sekaligus pemberi isyarat kapan waktunya exstrafan berputar, di bagian dasbord pengemudi Anda bisa melihat tanda termperaturnya. Pastikan jarum/Lampu berfungsi dengan baik, apalagi dengan kendaraan yang sering berpergian jauh.

    Suit Temperatur

  11. Kelistrikan
  12.           Sistem kelistrikan bisa dibilang bagian utama pendinginan,yaitu untuk menunjang kinerja sistem pendingin, untuk kendaraan model lama seperti katana, colt diesel dll tidak menggunakan sistem klistrikan. Anda bisa melihatnya langsung pada kendaraan untuk memastikan memakai sistem kelistrikan atau tidak. bagian-bagiannya seperti sikering, relay, sensor temperatur, saklar AC, motor/dinamo fan dan exstrafan.
KESIMPULAN: Tidak ada waktu yang terbuang ketika Kita mengecek kendaraan, lakukan pula perawatan teratur untuk kendaraan kesayangan Anda. Mencobalah melontarkan pertanyaan kebengkel langganan tentang keluhan kendaraan Anda. Selebihnya kembali lagi pada diri masing-masing dan terimakasih sudah bekerja sama. SALAM SUKSES

No comments:

Post a Comment