MOBIL TIDAK BISA HIDUP
MobiL Bensin Tidak Bisa Hidup
Sebelumnya Saya menyimpulan mobil tidak bisa Starter, dan sekarang Saya mencoba menyimpulkan masalah Mobil tidak mau hidup, padahal mobil bisa distarter. Untuk mengenal lebih dekat mari membaca dan membaca, Anda harus mengetahui sistem kendaraan pribadi Anda. Injection dan karburator, karna Ada perbedaan saat pengecekannya yang pada intinya semua mesin sama harus mempunyai syarat Untuk beroprasi.
- Bahan bakar
- Pengapian
- Kompresi
IniLah 3 syarat Utama pada semua Mesin, entah itu karburator atau injection. Timing/waktu bisa menjadi masalah juga tapi untuk timing sudah pasti telah masuk di bagian pengapian. Lebih jelasnya coba kita Kupas sistem cara kerja 3 syarat di atas!
Injection
1. Bahan Bakar(BB)
Salah satu syarat penting mesin beroprasi yaitu sampainya BB ke ruang Bakar dalam bentuk Kabut. Untuk injection ada beberapah komponen dan langkah urutan prosesnya, yaitu:
-Fuel Pump
Atau sering Kita sebut pompa bensin, fungsi utama untuk menyalurkan BB dari tangki ke Ruang kompresi. Sistem kerja menggunakan kelistrikan saat beroprasi, sistem ini menggunakan komponen menunjang untuk kinerjanya. Kunci kontak, sikring, relay dan ECU. lihat dasboard, Jika kelistrikan dan fuel pump normal akan terlihat nyala lampu kuning yang bergambar mesin. Tentunya pas kunci kontak dari OFF ke ON akan terdengar bunyi nuuuuuuuuut.......... Kita bisa memastikan pompa ini bekerja atau tidaknya dengan melepas selang out fuel pump, jauhkan Api dan KK ke ON. Cara ini juga bisa dilakukan saat mobil mogok/setelah Isi BB yang susah hidup tentunya. Kunci Kontak, jika Kunci kontak posisi ON dan lampu dasboard ada yang menyala, dapat dipastikan tidak ada masalah di Sikering, Jika Lampu indikator menyala (warna kuning gambar mesing di dasbord) stop:
-Pengecekan sikring
-Pengecekan Relay
ECU,
Sangat jarang ada kerusakan di Ecu, biasanya akan berpengaruh ke semua kelistrikan, entah itu mobil tersendat-sendat, kurang tenaga, dll.
Sangat jarang ada kerusakan di Ecu, biasanya akan berpengaruh ke semua kelistrikan, entah itu mobil tersendat-sendat, kurang tenaga, dll.
Catatan: Gejala kerusakan Fuel Pump akan terasa dipemakaian, mobil tiba-tiba mati dan setelah 15-30 menit bisa hidup kembali sebelum Fuel pump benar-benar mati total. Langkah awal pengecekan mekanik biasanya langsung menyemprotkan karbu cliner ke intexmanifool, boleh kita coba dan jangan lupa untuk lebih berhati-hati. Atau Anda mencoba KK dari Off/Acc ke On sebanyak 5 kali, stelah itu coba hidupkan.
2. Pengapian
Syarat penting supaya kendaraan dapat beroprasi, dari masing-masing bagiannya yang berperan dan menghasilkan bunga api dalam ruang bakar saat kompresi. Dalam langkah kerja sistem ini membutuhkan Arus DC, bisa dibilang inilah bagian terpenting dalam sistem kelistrikan. Jarang sekali kerusakan yang terjadi di bagian sistem pengapian tapi bukan berarti tidak pernah ada kerusakan, kita akan coba membahas sedikit tentang bagian ini.
-Sikering
SikeringBerfungsi sebagai pengaman arus pendek atau yang sering disebut konselet. Sebelum melakukan pengecekan lain akan lebih baik setiap kerusakan dikelistrikan kita menuju box sikering, tiap kendaraan berbeda-beda letaknya. Kita bisa mencari nya di bawah setir atau di cap mobil. Mudah saja untuk mengeceknya Kita bisa mencabut satu persatu dan memasangnya kembali.
-Relay/omron
Relay/omron Cara yang sangat mudah dalam pengecekan Relay kita hanya saling menukar antar relay yang sejenis. cara melepasnyapun mudah Kita colok bagian belakang relay, klo kita langsung cabut relay bisa rusak.
-Kabel Busi
Kabel busi Kita bisa melepas langsung kabel busi dari busi untuk memastikan baik tidaknya pengapian. mungkin akan lebih baik jika sekalian busi di lepas tapi jika keadaan darurat tidak perlu untuk membukanya. Arahkan kabel busi ke ground(body) untuk melihat nyala api dan arahkan KK ke starter selama 3 detik untuk melihat hasilnya. Jika ada nyala api Kita bisa memasangnya kembali, tpi jika tidak ada nyala/percik api. lakukan pengecekan:
-Cdi
Pada CDI Untuk memeriksa kabel busi yang langsung memakai cdi Kita diwajibkan memiliki alat, entah itu tester dc atau multi tester. Dengan mencolok tespen ke soket CDI, arahkan kk ke posisi on dan cek jalur kabel yang menuju coil. Sewajarnya akan menyala di
salah satu kabel ketika kunci kontak di posisi on.
-Platina
pada PLATINA pengecekannya pun hampir sama, perbedaan jelas hanya pada bentuk nya saja.Kita bisa memulainya dari kunci kontak off/acc dan mengarahkan tester ke kabel coil input. Akan menyala saat posisi kunci kontak on.
3. Kompresi
Tidak perlu pengecekan khusus di sistem ini karna saat semua syarat kedua di atas terpenuhi dapat dipastikan kendaraan bisa menyala. yakinkan sebelumnya tidak pernah temperatur naik, gejala hilang tenaga, bunyi kasar dimesin, atau pembuangan di knalpot tidak berasap.
Semoga Bermanfaat, maaf sebelumnya karna tidak ada gambar yang akan lebih memudahkan pemahaman Dan Terimakasih Untuk Kunjungannya"
No comments:
Post a Comment