PENGECEKAN BAHAN BAKAR MOBIL
Saya suka mencari tahu tentang kerusakan pada mobil, mungkin karna pekerjaan Saya Seorang MEKANIK. Tapi sayangnya tidak semudah yang saya bayangkan, hal hal dalam pengerjaan tidak bisa sepenuhnya saya Selesaikan, tapi disini Saya memiliki Tim yang akan saling membantu. Dan masalah sesulit apapun bisa Kami selesaikan, pastinya butuh waktu. Banyak faktor tentang kerusakan mobil, dari hal kecil sampai masalah menengah Dan disini Saya ingin berbagi pengetahuan saya Tentang mobil mogok. Catatan kecil: Dasar dari suatu sistem mekanisme bahan bakar ialah dari tangki menuju ruang bakar, lalu bagaimana mengenali kerusakan mobil mogok! Coba kita perhatikan pembahasan selanjutnya:
Pengecekan pada mobil Bahan Bakar BENSIN
- Mobil dengan sistem karburator
Jenis Rotak
Fungsi Keduanya sama menyalurkan bahan bakar menuju karburator, Untuk jenis vakum mekanisme kerjanya ketika kunci kontak mulai di starter bahan bakar mulai menuju ruang karburator, sebab vakum membutuhkan putaran camshaf dalam tiap langka kerjanya. Kita bisa melihat putaran camshaf dari klep yang bergerak. Untuk Rotak sendiri cukup pada posisi ON, terdengar bunyi kluk kluk kluk..... lalu bunyi hilang bertanda bahan bakar di karburator sudah penuh dengan bensin. Pengecekan pompa bensin (vakum dan rotak) sama, kita bisa melepas selang pompa out yang menuju ke karburator. jika keluar Bensin dari slang berarti keadaan pompa baik, tapi jika tidak keluar bensin dari selang, harus ada pemeriksaan lebih lanjut, dari kelistrikannya atau dari pompa itu sendiri.
Pompa bensin vakum:
Jika tidak keluar bensin dari selang out ketika starter
- Pastikan klep bergerak kita bisa melihat dari tutup oli
- Lihat selang pernafasan tangki
- Periksa selang in vakum dari kebocoran
Jika pengecekan semua normal, bisa dipastikan kerusakan pompa dari vakum, Kita bisa melepas dan memperbaikinya.
Pompa bensin Rotak:
Jika tidak keluar bensin dari selang out ketika ON
- lepas rotak, dan lakukan pengecekan darat
- cek kembali selang pernafasan tangki
- periksa selang in rotak dari kebocoran
Test darat pada rotak dengan menyatukan kabel +dengan+ dan -dengan-, untuk keamanan pakai air saja, tapi setelahnya harus dibersihkan kembali. Jika rusak harus diganti.
Baca juga:1. Sistem Transmisi
2. Perawatan Mobil
3. Mobil tidak bisa starter
4. Mobil mogok tidak bisa hidup
- Pompa Bensin Injection
Ada Banyak dari beberapa Jenis fuelpump dan fungsi yang sama, bentuk dan penempatan di setiap mobil saja yang berbeda. cara kerja fuelpump ialah saat konci Kontak ON dan ada juga pada posisi STARTER. Bunyi Nhut......... lalu berhenti, sebelumnya Buka Slang seperti Biasa. jika TIDAK NORMAL lakukan pemeriksaan. pengecekan Sama seperti pengecekan ROTAK, hanya untuk pulpump lebih baik periksa keadaan sikering terlebih dahulu dan relay/omron fuelpump. Lihat Pula Keadaan dasboard (cek engine harus MENYALA pada posisi ON mobil belum Starter). baik untuk fuelpump yang starter pastikan juga cek engine menyala pada posisi kunci kontak On, dan Starter.
CATATAN: pengecekan fisik fuelpump Kita bisa mengikuti pengecekan pompa vakum. Jika lampu cek engine menyala (gambar mesin warna kuning) pada kunci kontak ON dan masih kendaraan tidak mau hidup, Kita bisa buang angin fuelpump dengan cara mencabut selang out dan arahkan kunci kontak ke On. Arahkan selang pada tempat aman. Jika masih tidak menyala meski bensin keluar, cara terakhir menguras bahan bakar di tangki.
Kurang Lebihnya Saya mohon maaf, lain waktu akan di perbaiki. TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA.
No comments:
Post a Comment